≡ Menu

Daftar Perlengkapan Kebutuhan Ibu yang Mau Melahirkan

Daftar Perlengkapan Kebutuhan Ibu yang Mau Melahirkan. Menjelang persalinan, anda pasti akan disibukkan untuk menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan selama pra dan pasca melahirkan. Untuk itu, idealnya jauh-jauh hari anda harus punya daftar Baju Persiapan Ibu Melahirkanperlengkapan kebutuhan melahirkan, yang harus disiapkan.

Tentunya segala perlengkapan yang anda persiapkan untuk proses persalinan ini dibawa sekalian ketika anda berangkat ke rumah sakit. Sehingga ketika dibutuhkan, barang yang diperlukan sudah tersedia dan tidak perlu susah mencari kesana kemari. Jadi, anda bisa lebih berfokus pada proses persalian. Lantas kira-kira daftar keperluan ibu yang mau melahirkan itu apa saja?

Daftar Keperluan Ibu Melahirkan yang Harus Dipersiapkan Saat di rumah

  1. Bayar tagihan kebutuhan rumah tangga

Ketika buah hati anda telah sampai di rumah seringkali anda melupakan urusan pembayaran kebutuhan rumah tangga seperti listrik, Wifi, air, cicilan motor atau mobil. Sebaiknya sebelum datang hari H persalinan , lunasi semua terlebih dahulu tagihan-tagihan biar anda tenang dan lebih fokus ke pra dan pasca persalinan.

  1. Penuhi kebutuhan anda dan bayi anda

Untuk mengurangi kerepotan saat dede bayi tiba di rumah, sebaiknya penuhi perlengkapan yang dibutuhkan anda dan bayi anda seperti popok bayi, tisu basah dan kering, kain bedok, pembalut sampai cadangan pakaian dalam. Perlengkapan lain yang mungkin anda butuhkan seperti obat pelunak feses yang aman untuk ibu pasca melahirkan, obat penghilang nyeri, kain kassa, bantal donat, sampai persediaan makanan

  1. Cari bantuan

Jika ada saudara yang menawarkan bantuan untuk menjaga rumah anda selama anda berada di rumah, jangan sungkan untuk menerimanya. Atau anda bisa mencari asisten rumah tangga untuk menjaga rumah sementara waktu.

Jika anda punya anak-anak yang lebih tua, buatkan jadwal untuk mereka siapa saja yang akan bergantian untuk menjaga rumah, tinggalkan nomor penting dan perintah khusus jika ada.

  1. Babyprof rumah anda

Pastikan kamar untuk buah hati anda sudah dipersiapkan. Tak ketinggalan pakaian dan perlengkapan bayi seperti kain bedong seprai dan selimut, serta pakaian anda dan pasangan anda sudah dicuci dan dirapihkan. Anda bisa melakukan pengamanan seperti menutup ujung meja dan jauhkan dari stop kontak, ketika dede bayi sudah lebih aktif bergerak.

Luangkan waktu juga untuk berdiskusi dengan pasangan anda mengenai tugas rumah tangga seusai bati tiba dirumah. Bicarakan bagaimana nantinya anda dan pasangan merawat bayi dan berbagi tugas. Anda bisa sharing mengenai hal-hal yang bisa pasangan anda lakukan untuk mendukung anda menyusui buah hati anda.

  1. Pasang kursi bayi di mobil

Sebagian besar rumah sakit tidak akan mengizinkan anda check out jika anda tidak memiliki kursi bayi di mobil anda. Jika anda menggunakan mobil pribadi untuk pulang pergi ke rumah sakit anda bisa memasang kursi bayi dari jauh-jauh hari. Jangan lupa pastikan bensin pada mobil anda full dan siap untuk melakukan perjalanan ke rumah sakit tanpa kendala.

  1. Packing tas bersalin dan pasca kelahiran

Persiapkan tas yang berisi kebutuhan persalinan jauh-jauh hari , biasanya ketika usia kandungan sudah memasuki 8 bulan. Anda bisa membagi kebutuhan dalam dua tas, satu tas berisi barang-barang yang anda butuhkan selama persalinan dan satu lagi untuk perlengkapa pasca kelahiran. ( baca : persiapan perlengkapan bayi baru lahir )

Persiapan Ibu Melahirkan Ketika di rumah sakit

  1. Daftarkan persalinan anda

Daftarkan persalinan anda dari jauh-jauh hari sehingga anda tidak kerepotan dengan syarat dan kekentuan untuk melakukan persalinan di rumah sakit ketika kontraksi sudah dimulai.

Tanyakan ke staf rumah sakit mengengai kebijakan pengunjung, apa saja yang tidak boleh dibawa ke rumah sakit. Jangan lupa tanyakan juga apa saja fasilitas yang diberikan untuk anda dan bayi anda sehingga anda bisa merencanakan barang apa saja yang dibawa dan tidak membawa barang yang telah disediakan oleh rumah sakit.Diskusikan juga dengan dokter anda mengenai kapan anda harus pergi kerumah sakit.

  1. Tentukan siapa yang akan menemani anda selama pra dan pasca persalinan

Beberapa ibu menyukai setelah melahirkan ia disambut oleh keluarga, teman dekat untuk memberikan support dan melihat bayi yang baru lahir. Yang lain memilih hanya satu dua orang saja yang ikut menemani. Pikirkan matang-matang mengenai apa yang anda inginkan, meyambut kedatangan orang-orang terdekat dan keluarga atau bersama pasangan anda dulu sementara waktu. Melahirkan merupakan proses yang melelahkan, jika pengunjung berdatangan setiap waktu, mungkin akan mengganggu jam istirahat anda. Anda bisa saja meminta perawat atau keluarga anda untuk menyeleksi tamu yang datang.

Jika anda berencana melahirkan di rumah sakit, persiapkan setidaknya ketika usia kandungan mencapai 8 bulan.

Perlengkapan yang dikemas dalam tas yang akan dibawa ke rumah sakit, diantaranya adalah:

  • Pastikan anda membawa kartu identitas seperti fotokopi KTP suami dan istri, fotokopi kartu keluarga, fotokopi buku nikah, kartu asuransi kesehatan atau BPJS, buku riwayat kehamilan, dan formulir pendaftaran rumah sakit. Karena, saat anak telah lahir, pihak rumah sakit akan membutuhkan data identitas orang tua untuk membuat surat keterangan lahir sebagai lampiran untuk pengurusan akta kelahiran.
  • Baju ganti dan pakaian dalam, Bawalah pakaian yang nyaman seperti baju tidur dengan bahan yang mudah menyerap keringat atau piyama yang akan membuat anda nyaman. Setelah melahirkan, baju dengan kancing depan akan lebih memudahkan anda ketika akan memberikan ASI pada sang buah hati.
  • Bra khusus ibu menyusui juga tak boleh ketinggalan, jika anda belum sempat membelinya, anda bisa menggunakan bantal menyusui untuk memudahkan memberikan ASI. Bawa persediaan bra dan celana dalam minimal untuk 3 hari.
  • Kain kasa dan kapas, kapas digunakan untuk membersihkan anus dan kelamin bayi, sedangkan kain kasa digunakan untik membersihkan mulut bayi dan tali pusar.
  • Perlengkapan mandi dan kecantikan, seperti shampo, skin care, lip balm, tisupembersih wajah, deodoran, body wash dan pelembab merupakan kebutuhan pribadi yang pasti anda butuhkan.
  • Pembalut untuk nifas, pembalut sangat penting untuk anda yang baru saja melahirkan. Carilah pembalut meternity dengan panjang 40 cm. Bawalah pembalut minimal 1 box dengan isi 20.
  • Alat relaksasi. Jika anda memerlukan, bawalah beberapa alat relaksasi seperti pijat punggung, bola remas, serta lotion penyegar.
  • Handpone dan charger, Anda pasti membutuhkan telepon selluler untuk menelpon atau sms keluarga atau sanak saudara dan kerabat anda atau posting ke sosmed untuk berbagi kabar kebahagiaan. Mungkin anda juga bisa menginstall aplikasi yang bermanfaat seperti white noise dan timer kontraksi.
  • 2 buah jarik atau sarung, ini sangat diperlukan ibu pada saat proses melahirkan maupun setelah melahirkan karena memudahkan anda untuk bergerak lebih leluasa.
  • Pompa ASI, ini penting untuk berjaga-jaga bila bayi belum bisa minum asi dari payudara anda.
  • Cemilan, pilihlah makanan ringan yang kaya akan energi seperti biskuit dan buah-buahan. Tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter lebih dulu mengenai apakah ada larangan memakan makanan tertentu sebelum dan sesudah persalinan. Keadaan ini biasanya terjadi ketika anda memiliki alergi. Jika anda melahirkan dengan metode cesar, dokter biasanya menyarankan anda untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti alpukat dan kacang kacangan untuk menghindari sembelit.
  • Bantal lembut, Bantal pribadi yang lembut akan membuat anda rileks dan nyaman.
  • Sandal, pilihlah sandal dengan permukaan yang tidak licin untuk membuat anda nyaman berjalan. Hindari menggunakan sandal dengan alas tebal karena akan membayakan anda.

Perlengkapan untuk suami yang dibawa ke rumah sakit

Suami yang ikut menemani di rumah sakit juga perlu disiapkan kebutuhanya. . Beberaoa perlengkapan untuk suami yang perlu dibawa

  1. Baju ganti
  2. Bantal dan selimut
  3. Jaket
  4. Handuk dan perlengkapan mandi
  5. Alat ibadah
  6. Sepatu atau sandal yang nyaman

Tas berisi kebutuhan bayi

  • Baju salin untuk bayi anda, anda bisa membawanya cukup 2 pcs saja.
  • Gendongan bayi, gendongan diperlukan untuk membawa pulang bayi agar anda tidak merasa kesulitan.
  • Popok bayi baru lahir, disarankan untuk menggunakan popok bagi bayi yang baru lahir karena bisa memantau kuantitas buang air besar atau kecil. Popok bayi yang dibawa tidak harus banyak, anda cukup membawa 5-10 pcs saja.
  • Sarung tangan dan kaki serta topi bayi
  • Selimut bayi, diperlukan untuk melindungi bayi agar tidak kedinginan ketika dibawa akan pulang ke rumah.
  • Perlengkapan mandi bayi
  • Minyak telon , cologne dan bedak (1 set)
  • Gurita untuk bayi, pemakaian gurita ada yang dianjurkan dan ada yang tidak direkomendasikan oleh dokter. Tetapi untuk jaga-jaga tidak ada salahnya anda membawa perlengkapan bayi satu ini.
  • Perlak atau alas tahan air untuk bayi

Pilih cara melahirkan yang ideal

Ada beberapa metode melahirkan yang bisa anda sesuaikan dengan kondisi kesehatan dan metode melahirkan yang anda inginkan. Ada beberapa cara melahirkan yakni normal, operasi caesar, dan water birth. Jika anda ingin melahirkan secara norma, anda bisa belajar mengatur pernapasan dengan mengikuti kelas persalinan untuk membantu  proses persalinan anda lebih mudah.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Untuk mengetahui cara melahirkan seperti apa yang sesuai dengan kondisi anda dan janin.

Ketika kontraksi mulai muncul dan anda merasakan nyeri, perbanyak konsultasi dengan dokter mengenai apa saja yang perlu anda lakukan ketika kontraksi. Jangan lupa juga untuk menanyakan bagaimana tanda-tanda persalinan dan perkiraan waktu anda harus pergi ke rumah sakit.

Pentingnya suami siaga

Suami harus tahu mengenai kapan perkiraan hari lahir, agar ketika anda mengalami kontraksi dan membutuhkan pertolongan, suami anda sidah siap siaga. Beitahu suami anda mengenai apa yang harus ia lakukan ketika anda merasakan kontraksi dan nyeri saat akan melahirkan seperti memijat punggung anda menggunakan air hangat untuk kompres. Diskusikan dengan suami anda mengenai apa saja yang bisa ia lakukan agar proses kelahiran berjalan lancar.

Persiapan untuk mengantisipasi ketuban pecah di jalan sebelum sampai ke rumah sakit

Bukan tak mungkin, air ketuban pecah terlebi dahulu sebelum anda masuk ke ruang persalinan. Bagaimana jika hal ini terjadi? Tentu anda tidak ingin mobil anda kotor karena air ketuban tersebut kan? Untuk menghindarinya, anda bisa menyiapkan 1 plastik besar dan handuk atau kain bersih yang tidak terpakai lagi.

Nah, itu dia diatas daftar perlengkapan kebutuhan ibu yang mau melahirkan, serta hal-hal terkait lainnya. Semoga bermanfaat.