≡ Menu

Jenis Ayunan Bayi Yang Praktis dan Ekslusif

Jenis Ayunan Bayi Yang Praktis dan Ekslusif

Ayunan bayi atau baby bouncer  memang merupakan penemuan multifungsi yang bisa meringankan beban para ibu. Jadi, ibu atau pun bapak yang sedang menjaga bayi sambil menidurkannya, tidak perlu merasa pegal lagi (karena tidak perlu menggendong di pundak).

Seperti yang kita tahu, semua bayi memang suka sekali diayun, ditimang atau digendong karena ia akan merasa nyaman menjelang tidurnya. Namun, kadang orang tua juga harus mengerjakan hal lainnya dan tidak bisa terpaku hanya menidurkan si kecil. Nah, dengan adanya ayunan bayi ini tentu sangat membantu, dan mempermudah dalam mengerjakan kegiatan-kegiatan penting lainnya.Ayunan Bayi modern

Saat ini, inovasi ayunan bayi sudah semakin bermacam-macam. Ada yang manual dan ada yang otomatis atau elektrik (menggunakan mesin). Tentunya untuk yang otomatis ini, lebih disarankan karena orang tua tidak perlu repot-repot lain  mengayunkan ayunannya. Cukup menggunakan bateray atau sumber daya listrik sebagai tenaga suplaynya.

Lantas, dari banyaknya jenis ayunan bayi otomatis tersebut, kira-kira mana saja yang paling disarankan dan bisa membantu orangtua lebih maksimal serta membuat bayi merasa nyaman?

Nah, tak perlu bingung, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi jenis-jenis ayunan bayi yang praktis dan eksklusif, yang layak anda pertimbangkan. Langsung saja simak berikut ini.

 

 

Jenis Ayunan Bayi Terbaik, yang Praktis dan Ekslusif

  1. Ayunan Bayi Jenis Swing

Ayunan jenis ini merupakan yang paling banyak beredar dipasaran. Ada dua tiang di kiri kanan yang menopang ayunan yang berada di bawahnya, mirip seperti ayunan di taman bermain atau taman kanak-kanak. Ayunan bayi jenis ini dilengkapi bantalan empuk, tali pengaman dan biasanya bentuknya seperti kursi. Jadi, bayi anda diletakkan di bantalan kursi yang didesain miring, agar lebih nyaman bersandar. Selain itu juga dilengkapi belt agar bayi tidak terjatuh.

Mekanisme ayunan bayi ini terletak pada mesin yang ada di atas tali atau pengikat di bantalan dudukan yang terhubung dengan tiang penopang.  Nah, mesin ini yang akan bergoyang otomatis jika ada beban diatas bantalan kursi. Jenis swing ini dapat kita atur kecepatan geraknya, bisa digerakkan cepat atau lambat. Gerakan ayunan yang cepat biasanya untuk menenangkan si bayi ketika rewel dan gerakan ayunan yang lambat biasanya untuk menjaga bayi tetap tenang saat tertidur. Jadi, anda tidak perlu repot mengayunkan kursinya karena sudah otomatis bergoyang sendiri.

  1. Ayunan Bayi Jenis Jumper

Ayunan jenis ini memberikan sensasi ‘lompatan’ atau ‘guncangan’ kecil daripada diayun. Ayunan ini biasa digunakan untuk menyenangkan atau memperbaiki mood bayi yang sedang rewel karena kepanasan dan lain sebagainya. Setelah menaiki ayunan jenis jumper ini, bayi akan merasa lebih ceria, jadi anda tidak disarankan membeli ayunan jenis ini jika tujuannya untuk membantu anak anda tertidur.

Menariknya, jika anak anda sudah berusia kira-kira 7 sampai 12 bulan, anda bisa memakai jenis jumper ini untuk membantunya berdiri. Setelah terbiasa berdiri nantinya anak anda akan lebih mudah belajar meyeimbangkan diri saat berjalan. Dudukan pada ayunan jenis ini bisa menopang berat badan bayi seluruhnya dalam posisi berdiri, dengan kaki yang sedikit menggantung.

Lalu, ada tali yang menopang dudukan dan terhubung dengan mesin atau per yang bisa naik turun. Mesin kemudian akan mulai menarik tali dan melepasnya dengan kecepatan yang lembut sehingga si kecil akan merasa diangkat dan diturunkan berulang-ulang. Panjang tali penopangnya dapat disesuaikan dengan tinggi bayi, sembari si kecil bisa diajari cara berdiri dengan baik.

  1. Ayunan Bayi Jenis Rocker

Ayunan tipe rocker ini mirip seperti jenis swing. Namun desainnya sedikit berbeda, jika jenis swing didesain agar bayi bisa duduk bersandar dengan nyaman, maka jenis rocker ini dibuat supaya bayi bisa tiduran. Ayunan jenis ini cocok buat anda yang ingin menidurkan bayi anda karena bantalannya empuk, nyaman dan memiliki mesin yang bisa bekerja otomatis. Sambil melakukan pekerjaan lain, anda bisa mengecek kondisi si kecil dengan memastikan ayunannya bergerak lembut dan bayi anda bisa tertidur pulas.

Terdapat tali pengaman jadi bayi anda tidak akan jatuh dari bantalan. Namun, biasanya jenis rocker ini tidak terlalu besar jadi hanya bisa digunakan untuk bayi dibawah usia 6 bulan. Desainnya pun sama seperti swing, agak sedikit membatasi ruang gerak bayi jadi jika bayi anda sudah tumbuh besar dan mulai aktif bergerak, ayunannya akan jadi jarang dipakai.

  1. Ayunan Bayi Jenis Frame

Berbeda dengan jenis lainnya, ayunan jenis frame merupakan yang paling aman dan kokoh karena memiliki bingkai yang mengelilinginya. Biasanya jenis ini ada yang manual dan elektrik, serta mudah ditemukan di kota-kota besar karena pemakaiannya yang praktis. Ayunan jenis ini (terutama yang elektrik) termasuk yang termahal dibanding jenis lainnya. Namun sudah jelas dijamin kenyamanan dan keamanannya, bayi juga bisa bebas bergerak jika anda menaruhnya di ayunan frame ini.

  1. Ayunan Bayi Untuk Travelling

Khusus jenis ini, desain dan konstruksinya dibuat mudah untuk dibongkar pasang atau dilipat agar praktis dibawa kemana-mana. Anda bisa melepas pasang dengan ringkas bagian-bagiannya dan memasangnya kembali jika ingin menaruh si buah hati ketika sudah sampai di tempat. Ayunan bayi jenis ini sangat cocok untuk para orangtua yang gemar bepergian atau memang sering bolak-balik keluar kota untuk urusan pekerjaan dan tidak bisa meninggalkan si kecil. Kenyamanan tetap jadi prioritas utama karena bantalannya empuk dan bisa mengayun dengan pelan untuk mulai menidurkan si kecil. Oh ya, ayunan ini dirancang untuk bisa dipasang dimana saja lho. Bisa di pesawat, mobil atau ditaruh di ruangan biasa.

Ayunan bayi memang dibutuhkan untuk membantu anda, terutama para ibu yang juga harus mengerjakan aktivitas lain selain menggendong si kecil. Apalagi di masa awal perkembangannya, bayi akan lebih banyak tertidur dan harus dalam keadaan yang tenang dan nyaman. Namun, tetap saja anda harus selalu memantau dan menjaga anak anda. Kalau bisa jangan ditinggalkan terlalu lama, jadi sebaiknya anda mengerjakan aktivitas di dekatnya. Setelah mengetahui beberapa jenis ayunan bayi dari artikel diatas, dibawah ini ada beberapa  manfaat kegunaan ayunan bayi dan cara penggunaan ayunan yang aman lho. Yuk, dibaca!

Manfaat Ayunan Bayi

  1. Membuat Bayi Merasa Nyaman

Biasanya bayi mudah rewel entah karena suasana yang berisik atau cuaca panas. Bisa juga karena lapar dan moodnya sedang jelek, padahal itu sudah waktunya ia tidur. Jadi, keberadaan ayunan bisa menenangkannya karena gerakannya yang lembut otomatis akan membuat bayi anda terdiam dan lama-kelamaan mengantuk. Irama yang konstan ditambah jika anda menyanyikannya lagu pengantar tidur, akan membuat bayi anda tertidur pulas.

  1. Bayi Terbiasa Tidak Digendong

Tidak ada salahnya untuk menggendong bayi anda karena itu adalah suatu sensasi tersendiri ketika anda baru memiliki buah hati. Namun, jika dari kecil dibiasakan mandiri dan tidak selalu digendong akan membuat anak anda bisa lebih mudah beradaptasi. Saat sudah belajar berjalan pun ia akan lebih suka berdiri sendiri, tidak digendong oleh anda. Dengan meletakkannya di ayunan sesekali, anda juga tidak kerepotan dan merasa lelah karena menggendongnya dengan kain di satu pundak, kan?

  1. Waktu Yang Efisien

Saat meletakkan bayi anda dalam ayunan, otomatis anda akan free dari tugas menggendong atau menimang bayi. Jadi, anda bisa melakukan tugas yang lain sehingga waktu anda tidak habis terbuang hanya untuk satu hal. Bukankah seorang ibu harus bisa multifungsi alias melakukan beberapa hal dalam satu waktu? Karena itu ayunan bayi menjadi pilihan yang tepat apalagi jika anda adalah tipe orang yang sibuk.

  1. Menjauhkan Bayi Dari Gigitan Seranagga

Ayunan bayi jenis apapun umumnya memiliki kelambu atau kain penutup untuk melindungi bayi dari gigitan serangga. Apalagi jenis frame yang biasanya memiliki kelambu yang menutupi keseluruhan rangka konstruksi ayunan dan bayi anda akan terlindungi sepenuhnya dari gigitan nyamuk-nyamuk nakal. Terhindar dari nyamuk atau serangga tentunya terhindar pula dari resiko demam berdarah atau malaria.

Cara Penggunaan Ayunan Bayi Yang Aman

Hal yang terpenting selain mengetahui jenis-jenis ayunan yang cocok untuk anda beli dan pakai dirumah adalah mengetahui cara menggunakannya. Anda tetap harus berhati-hati dan memperhatikan anjuran dalam memasang atau menggunakannya.

  1. Baca dan perhatikan dengan seksama cara penggunaan yang biasanya tertera pada plastik atau box kemasan ayunan. Anda harus ekstra teliti melihat cara bongkar pasang ayunan lipat atau gantung yang umumnya biasa dipakai untuk travelling.
  2. Sebagus apapun alat pengaman yang terpasang pada ayunan, sebaiknya anda tidak meninggalkan bayi anda terlalu lama tanpa pengawasan. Lakukanlah aktivitas anda di dekatnya sekaligus anda memantau keadaannya.
  3. Sesekali tengoklah bayi anda dan cek keadaannya seperti apakah ia rewel atau tidak bisa tidur. Atau ia pipis di popoknya dan butuh diganti. Anda harus selalu memastikan kenyaman dan kebersihan anak anda meskipun sedang sibuk bekerja, ya.
  4. Hindari mengayunkan bayi anda terlalu kencang karena jika bayi masih terlalu kecil hal itu bisa merusak sarafnya akibat guncangan. Ayun dan gerakkan selembut mungkin untuk menenangkan si kecil dan menghindari ia terbentuk benda-bendar keras atau tajam di sekitarnya seperti ujung meja dan kursi.
  5. Jangan lupa untuk selalu mengecek ayunan bayi anda untuk memastikannya aman dipakai. Cucilah ayunanyang terbuat dari kain atau jaring. Pastikan tidak ada benda tajam di sekitar belt atau dudukan.
  6. Jika bayi sudah mulai terjaga dan bergerak-gerak di ayunan, sebaiknya anda mengangkatnya dan meletakkannya di ranjang atau digendong saja. Jika bayi anda terlalu banyak bergerak dalam ayunan, ditakutkan ayunan akan terbalik atau oleng karena biasanya ukuran ayunan (terutama yang tipe swing) tidak terlalu besar daripada tubuh si bayi.

Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai jenis-jenis ayunan bayi yang praktis serta manfaat dan bagaimana menggunakannya dengan aman untuk si buah hati. Semoga informasi diatas bisa berguna dan menjadi referensi anda dalam mencari ayunan bayi yang cocok dan sesuai budget kantong anda.