≡ Menu

Susu Formula yang Cocok Untuk Bayi Baru Lahir

Susu Formula yang Cocok Untuk Bayi Baru Lahir

Asupan nutrisi yang baik untuk bayi baru lahir tentu saja berasal dari ASI (Air Susu Ibu). Para dokter, bahkan WHO (Word Health Organization) pun merekomendasikan agar bayi-bayi yang baru lahir bisa mendapatkan ASI eksklusif dari sang ibu karena banyaknya manfaat yang ada, serta untuk memulai pendekatan pertama secara fisik antara ibu dan anak.

Selain momentum dan masa pendekatan, dalam kurun waktu 0 – 6 bulan asupan ASI juga menjadi sebuah “pondasi” untuk bayi menggapai potensi yang dimilikinya. Namun sayangnya, karena satu atau lain hal, tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hatinya.Susu Formula Bayi

Untuk itu, alternatif lainnya agar bayi masih bisa mendapatkan asupan nutrisi yang sehat adalah dengan memberikannya susu formula. Susu formula merupakan susu yang terbuat dari susu sapi dan diformulasikan khusus agar dapat dipakai sebagai makanan pengganti ASI. khususnya bagi bayi yang baru lahir.

Dan sebagaimana yang kita tahu, saat ini ada banyak sekali merk susu formula di Indonesia. Sehingga kondisi ini, kadang justru membuat para orangtua bingung, memilihkan merek susu formula yang akan dibeli.

Pilihan Susu Formula Terbaik yang Cocok Untuk Bayi Baru Lahir

Nah, untuk anda yang bingung dalam menentukan susu formula yang akan diberikan pada si buah hati, berikut ini kami bagikan beberapa referensinya.

  1. Similac Advance

Bagi anda yang ingin mencari susu formula dengan kualitas terbaik, anda bisa mencoba Similac Advance. Susu Similac Advance ini memiliki label non-GMO dan kadar DHA/ARA terbilang mirip dengan ASI ibu. Selain itu kadar nukleotidanya juga banyak, hampir dua kali lipat dari susu formula lainnya serta satu keunggulan yang penting adalah sufor ini rendah sekali gula.

Banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa nukleotida dapat membantu meningkatkan imun bayi, hingga tentu penting bagi kesehatan tubuh bayi. Selain itu Similac Advance juga mengandung vitamin D, niacin, biotin dan thiamin. Susu formula ini merupakan yang terbaik di kelasnya dan menjadi rekomendasi banyak dokter spesialis anak, jadi anda tak perlu ragu lagi memilihnya.

  1. S-26 Promil Gold

Susu ini diroduksi oleh Wyeth yang merupakan bagian dari Nestle. S-26 Promil Gold menyajikan sufor dengan kandungan protein yang 40% lebih banyak dibandingkan produk sejenis lainnya. Dan terdapat kandungan vitamin, mineral dan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Selain itu bebas tambahan gula juga, jadi aman dan cocok untuk dikonsumsi bayi yang baru lahir. Harganya sedikit lebih murah dibandingkan Similac Advance, untuk kemasan kaleng 900 gr harganya Rp. 280.000 dan bisa ditemukan di berbagai toko atau supermarket besar seperti Carrefour dan Hypermart.

  1. Enfamil

Susu formula terbaik lainnya adalah Enfamil. Kualitas yang satu ini tak perlu lagi karena merknya yang sudah dikenal banyak orang. Kadar DHA/ARA Enfamil sama seperti Similac Advance dan ada label non-GMOnya juga yang cocok sekali untuk perkembangan otak bayi. Dibandingkan susu lainnya, kadar kalori susu Enfamil ini lebih rendah lemak dan kaya akan karbohidrat.

Selain itu, terdapat pula kandungan prebiotik untuk pertahanan tubuh dari bakteri-bakteri jahat. Kemasan kalengan Enfamil dikatakan yang paling cukup elegan dan higienis meskipun kemasan susu kaleng lainnya pun sudah masuk standar penjualan dan sama-sama higienis. Harganya dijual kisaran Rp. 155.000an.

  1. Nutribaby Royal 1

Nutricia mempersembahkan Nutribaby Royal 1 untuk bayi baru lahir dan susu formula ini sangat cocok karena kandungannya yang sangat bagus. Nutribaby Royal ini mengandung omega 3 dan 6, AA, DHA, Laktosa dan prebiotik FOS (Frukto Oligo Sakarida) serta GOS (Galakto Oligo Sakarida) yang fungsinya menjaga saluran cerna serta pertahanan tubuh bayi. Pengoptimalan nutrisi dengan 12 vitamin dan mineral membuat Nutribaby Royal 1 bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk asupan nutrisi dan gizi anak anda dalam tahap awal perkembangan. Dibandingkan Bebelove 1 dan Enfamil, Nutribaby Royal lebih lengkap dan bagus, harganya pun sedikit lebih mahal. Kisaran Rp. 188.000 untuk kemasan kaleng. Anda bisa menjadikan sufor ini sebagai pendamping terbaik bagi bayi anda.

  1. Bebelove 1

Selain Nutribaby dan Nutrilon, Nutricia mengeluarkan produk susu formula lainnya untuk bayi usia 0-6 bulan, namanya Bebelove 1. Sufor ini memiliki banyak varian namun secara keseluruhan, semua jenisnya sudah mencukupi kriteria kebutuhan bayi. Bebelove 1 mengandung DHA/ARA dan prebiotik FOS yang berguna untuk optimalisasi perkembangan otak dan daya tahan tubuh. Selain itu Bebelove juga sangat kaya akan zat besi dan kalsium, sehingga bayi bisa terhindar dari penyakit anemia atau kekurangan zat besi. Jika ingin meneruskan sufor ini, setelah usia 6 bulan hingga 12 bulan, sebaiknya anda beralih pada Bebelove 2 dan jika sudah menginjak usia setahun, anak bisa mengkonsumsi Bebelac 3. Bebelove 1 dibandrol seharga Rp. 122.000. Wah, cukup terjangkau untuk semua kalangan ya.

  1. Morinaga BMT Platinum

Morinaga BMT Platinum Tahap 1 merupakan sufor pengganti ASI dengan kandungan ramah yang cocok untuk bayi baru lahir. Kandungan DHA, AA, prebiotik, laktosa dan laktoferinnya lebih banyak dibandingkan sufor lain yang berarti khasiatnya akan lebih banyak dan powerful. Inovasi Morinaga untuk bayi baru lahir dan balita adalah Formula Platinum, yaitu sinergi nutrisi terlengkap untuk kecerdasan multitalenta anak dan pertahanan tubuh. Morinaga tersedia dalam banyak varian, anda bisa tentukan pilihan sesuai dengan usia si buah hati. Untuk Morinaga BMT Platinum Tahap 1 dibandrol seharga Rp. 145.000 untuk kemasan kaleng 400gr. Masih ada kemasan kaleng besar seharga Rp. 200.000an dan kemasan dusnya.

Itulah beberapa rekomendasi susu formula untuk kebutuhan bayi anda. Sebenarnya, susu formula hanya dikhususkan bagi para ibu yang sedang atau memang tidak bisa memberikan ASI bagi si buah hati,  bukan merupakan minuman yang wajib diberikan karena bagaimana pun ASI merupakan asupan terbaik yang berisi segala nutrisi penting, yang harus didapat bayi baru lahir. Organisasi kesehatan dunia seperti AAP dan WHO pun menyarankan agar memberi bayi ASI selama minimal 6 bulan, disaat-saat perkembangan tubuh dan vitalitas otak si bayi sedang tinggi-tingginya.

Nah, untuk anda yang memilih memberikan susu formula untuk si buah hati, ada beberapa hal yang benar-benar harus diperhatikan dalam penyajian maupun penyimpanannya. Kebersihan dan keamanan produk susu harus tetap dijaga supaya tidak terkena bakteri atau udara kotor sehingga tidak mengancam imun dan kesehatan bayi.

Aturan Dalam Memberikan dan Menjaga Produk Susu Formula

Untuk lebih jelas terkait waktu pemberian susu,  serta cara menjaga kwalitas susu, silahkan simak berikut ini:

Frekuensi pemberian sufor harus anda perhatikan, ya. Karena bayi tidak bisa mencerna sufor dalam waktu yang berdekatan sebab ukuran lambungnya masih kecil dan dalam masa perkembangan. Saat beberapa hari pertamanya, anda bisa memberikan bayi susu 60ml-90ml setiap kali menyusui. Biasanya dalam waktu-waktu pertama ini bayi bisa minum 3-4 jam sekali. Pada akhir 1 bulan pertamanya, anda bisa naikkan frekuensi minum sufor menjadi 120ml setiap kali menyusu. Setiap bayi memiliki kebutuhan menyusu yang berbeda-beda, jadi anda harus peka kapan sang buah hati sudah membutuhkan susu dan kapan ketika ia merasa kenyang.

Jika bayi anda mulai terganggu saat sedang menyusu atau menyudahi saat botolnya masih bersisa, tandanya ia sudah kenyang. Tetapi, jika ia masih memegang botolnya walaupun susunya sudah habis, berarti ia masih lapar dan ingin menyusu lagi. Yang terbaik adalah memberikannya sufor jika bayi sudah meminta dan setiap bayi merengek atau menangis karena lapar. Seiring berjalannya waktu, anda akan mengetahui jumlah susu dan waktu yang pas untuk memberikan susu formula untuk si kecil.

  1. Perhatikan Cara Membuat Susu Formula

Hal yang satu ini sangat penting diperhatikan para ibu muda. Sebelum membuat susu, cuci tangan anda terlebih dahulu. Lalu, ikuti cara menyeduh susu sesuai dengan panduan yang tertera dalam kemasan. Gunakan air matang hangat untuk mencampurkannya dengan bubuk susu. Anda harus memerhatikan takarannya karena susu yang terlalu encer atau kental justru tidak bagus dikonsumsi oleh bayi.

  1. Selalu Jaga Kebersihan Botol Susu

Botol susu adalah benda paling penting yang harus selalu dijaga kebersihannya. Anda harus selalu mencuci botol, tutup botol serta dotnya dengan sabun dan air mengalir, kemudian dibilas dengan air matang. Gunakan sikat khusus botol untuk membersihkan dan menjangkau seluruh sisi botol.

  1. Gunakan Botol Susu Khusus Bayi

Botol susu yang baik digunakan untuk bayi biasanya memiliki label BPA-free dan terbuat dari bahan plastik polietilen. Bahan polietilen ini memiliki kerapatan rendah yang diproduksi dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan bahan yang lentur, tidak mudah pecah atau robek dan aman dipakai. Untuk menyimpan botol susu, jangan diletakkan di tempat yang panas atau dekat-dekat dengan kompor maupun microwave. Jangan dicuci dengan air panas juga karena bisa melepaskan bahan kimia dari plastik botol tersebut.

  1. Tips Menyimpan Susu Bubuk

Hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah menyimpan produk susu formula yang berupa bubuk. Kualitas bubuk susu harus diperhatikan agar tidak mudah menggumpal, tidak basi dan masih aman dikonsumsi. Untuk itu, cara terbaik agar bubuk susu formula bagi bayi anda awet adalah dengan ditaruh dalam wadah kedap udara, wadah yang digunakan harus bersih dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Anda bisa menyimpan susu bubuk ini dalam lemari es dengan suhu 10-15 derajat celcius agar bubuk susu tidak menggumpal, tidak basi dan lebih awet. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan susu. Susu yang basi bisa ditandai dengan baunya yang tengik dan mengalami perubahan warna. Jadi anda harus benar-benar menjaga kualitas susu bubuk jika sudah keluar dari kemasannya.

Itulah diatas ulasan yang bisa kami bagikan terkait rekomendasi susu faormula yang cocok untuk bayi baru lahir, dan seluk beluknya. Semoga bisa dijadika sumber referensi yang bermanfaat, khususnya bagi anda para orang tua yang baru memiliki momongan pertamannya.

   

Incoming search terms:

  • susu formula yang bagus untuk bayi baru lahir
  • susu untuk bayi baru lahir
  • merek susu yang aman dan bagus untuk bayi baru lahir dan harganya
  • susu formula buat bayi usia 0-6 bulan yang tidak amis
  • susu formula untuk bayi baru lahir
  • susu yg baik untuk bayi baru lahir