≡ Menu

Jenis Baju Bayi Laki-Laki dan Perempuan Untuk Yang Baru Lahir

Jenis Baju Bayi Laki-Laki dan Perempuan Untuk Yang Baru Lahir

Mempersiapkan baju bayi merupakan hal wajib yang harus dilakukan, terlebih jika anda adalah pasangan yang baru pertama kali, memiliki momongan. Persiapan yang dilakukan idealnya, harus dari jauh-jauh hari sebelum hari H persalinan.

Nah, agar tak bingung lagi dalam memilih jenis baju yang akan dibeli, berikut kami akan bagikan Baju Bayi laki laki dan perempuan model terbarubeberapa rekomendasi jenis baju bayi laki-laki dan perempuan baru lahir, yang sebaiknya di anda pertimbangkan.

Rekomendasi Jenis Baju Bayi Laki-Laki dan Perempuan  yang Baru Lahir

  1. Jumsuit Bayi

Jenis baju ini sering juga disebut baju kodok. Desainnya yang lucu akan membuat bayi anda terlihat menggemaskan. Tak hanya itu, kelebihan jenis baju ini untuk menutup bagian perut bayi dengan sempurna, berbeda dengan pakaian atasan yang terkadang sering membuat perut bayi terbuka ketika bayi bergerak aktif, yang pada akhirnya membuat bayi bisa masuk angin.

Dan ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memilih baju jenis ini, anda harus perhatikan bahwa jenis baju ini tidak mengganggu pertumbuhan anak. Banyak ibu yang memilih jumsuit dengan model kaki tertutup, padahal perlu diketahui bayi memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga celana dengan kaki yang tertutup justru akan menyulitkan bayi saat bergerak dan berkembang.

  1. Jumper Bayi

 Jenis baju jumper merupakan baju yang paling direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir, jenis baju ini mudah dipasang dan dilepas karena memiliki kancing. Kancing yang terdapat pada baju ini akan memudahkan anda untuk memasang dan melepas baju ketika bayi harus mengganti popok.

Jenis baju tanpa kerah merupakan pilihan yang cocok untuk bayi. Jenis baju yang memiliki banyak kancing akan lebih memudahkan anda, pastikan juga bahan yang dipilih merupakan bahan yang lembut untuk kulit bayi dan tentunya aman bagi kulit sensitifnya. Pilihlah varian warna yang cerah dan bagus, tapi jangan lupa baju yang tidak luntur merupakan pilihan yang tepat untuk buah hati.

  1. Baju Kutung

Jenis baju kutung ini adalah baju yang memiliki kancing dileher dan dibahu yang akan memudahkan anda untuk memasangkan baju. Jenis baju ini cocok digunakan saat musim panas karena jenis baju ini tidak memiliki lengan, hindari jenis baju ini pada saat musim dingin atau malam hari.

Jika bayi anda menggunakan jenis baju ini akan terlihat semakin lucu, apalagi jika bahannya yang mampu menyerap keringan dengan sangat baik. Pilihlah jenis baju yang memiliki bahan katun atau spandex, karena bahan ini mampu menyerap keringat dan juga halus untuk kulit bayi.

  1. Celana Buntung

Jenis celana buntung merupakan jenis celana yang tepat untu bayi, celana panjang elastis ini akan memudahkan bayi bergerak dengan leluasa terutama pada bagian kaki. Pastikan juga ukuran celana tidak sempit atau pas pada badan bayi, pilihlah ukuran yang sedikit lebih besar.

Hindari celana dengan bahan yang tebal dan berat untuk bayi, pilihlah bahan yang ringan, lembut dan mampu menyerap keringat.  Pastikan bayi anda memilih jenis celana yang tepat dan nyaman dipakai.

  1. Baju Bayi

Pilihlah baju yang memiliki kancing, karena akan memudahkan anda untuk melepas atau memasang saat bayi akan berganti pakaian. Jika tidak terdapat kancing tentunya akan mempersulit anda karena harus melepaskan baju lewat kepala si bayi yang akan membuat bayi tidak nyaman.

Siapkan baju dengan lengan panjang dan lengan pendek, setidaknya anda harus menyediakan 12 buah untuk jenis baju ini. Baju lengan pendek bisa dipakai pada cuaca panas atau siang hari, dan lengan panjang bisa digunakan saat cuaca dingin atau malam hari.

Baju bayi ini cocok jika dipadukan oleh celana buntung, pilihlah bahan yang nyaman dan aman untuk bayi anda.

  1. Piyama Bayi

Piyama bayi merupakan pilihan yang tetap untuk dipakai bayi saat tidur malam hari, tentunya akan membuat bayi tidur nyenyak karena jenis baju ini akan membuat bayi merasa  nyaman. Bayi anda juga akan terlihat menggemaskan saat memakai jenis baju ini.

Anda harus pastikan bahwa piyama yang anda pilih mudah dilepas atau dipasang, karena pada malam hari bayi akan terus menganti popok tentunya pilihan yang tepat akan memudahkan anda.

Ada banyak sekali jenis piyama yang bisa anda pilih, perhatikan juga kenyamanan bayi. Pilihlah piyama yang praktis dan nyaman untuk dipakai.

  1. Gurita bayi

Gurita bayi merupakan jenis baju seperti kain yang memiliki tali dibeberapa sisi yang nantinya akan diikat ke perut bayi. Jenis baju ini sering sekali dipakai oleh bayi baru lahir guna mengencangkan perut agar tidak terlihat kendor.

Meskipun begitu, kalangan medis sebenarnya melarang penggunaan gurita ini, karena dianggap mampu menggangu pernafasan bayi, tetapi nyatanya banyak orang tua yang masih tetap menggunakan jenis pakaian ini (mengikuti tradisi). Nah idealnya, boleh memakai gurita, dengan catatan jangan terlalu ketat atau terlalu kencang dalam mengikatnya.

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memilih Baju Bayi

Memilih baju bayi terkadang memang sulit. Tidak hanya harus memperhatikan jenis baju, anda harus mengutamakan kenyaman bagi bayi. Saat memilih baju bayi idealnya harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari model, ukuran, dan bahannya.

Dan nyatanya, masih banyak orang tua yang melakukan kesalahan saat memilih baju untuk bayi, terkadang hanya fokus pada model bajunya saja, tanpa memikirnya kenyamanan sang bayi.  Nah, berikut telah kami rangkum beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memilih baju bayi, yang sebaiknya tidak anda lakukan.

  1. Mengabaikan Kenyamanan

Kenyamanan merupakan faktor yang paling penting untuk bayi. Pastikan bahwa baju yang anda pilih akan membuat bayi merasa nyaman. Lebih baik memilih baju untuk bayi yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk memilih bahan baju untuk sang bayi yang sesuai dengan musim, anda bisa memilih bahan katun saat cuaca panas karena bahan katun mudah menyerap keringat dan tidak iritasi di kulit bayi. Dan bahan wol bisa anda pilih saat cuaca dingin karena bahan wol tebal dan lembut dikulit.

  1. Membeli baju yang memiliki banyak aksesoris

Tidak ada salahnya untuk membuat bayi terlihat lebih mengemaskan dengan memakaikan baju dengan aksesoris yang menempel dibaju. Namun anda harus pastikan bahwa akseoris tersebut tidak menganggu kenyamanan sang bayi.

Ada baiknya memilih baju dengan warna pastel dengan memiliki motif yang lucu ketibang baju dengan aksesoris yang lucu. Pilihlah motif dengan gambar yang energik atau karakter lucu ini akan membuat bayi terlihat lebih ceria.

  1. Membeli Baju yang Pas atau Ketat

Kesalahan yang sering terjadi adalah membeli atau memakaikan baju kepada sang bayi dengan ukuran yang pas-passan. Baju yang pas atau sempit akan membuat bayi sulit bergerak. Apalagi jika bahan baju tersebut kasar dan menimbulkan gesekan yang akan mengakibatkan iritasi pada kulit. Pilihlah ukuran baju bayi satu lebih besar daripada ukuran badan bayi, hal ini tentunya akan membuat gerak bayi lebih leluasa.

  1. Mendandani Bayi Seperti Orang Dewasa

Kesalahan ini sering terjadi pada ibu muda yang baru saja memiliki bayi, mereka mendandani sang bayi layaknya orang dewasa.  Banyak orang tua yang masih mengikuti trend tanpa mengutamakan kenyaman sang bayi. Bayi dianggap seperti foto model yang didandani dengan baju serta aksesoris yang  berlebihan.

Sebagai orang tua yang baik, hindari rasa keinginan anda untuk membuat bayi terlihat lebih lucu dengan segala aksesoris yang anda pakaikan. Tidak salah membuat bayi terlihat lebih menarik dan lucu asalkan utamakan juga kenyamanan baju yang dikenakan bayi. Lebih baik memilih baju yang sederhana dengan kenyamanan yang sempurna.

Tips Memilih Baju Bayi Terbaik

Bayi yang baru lahir rentan dengan cuaca, untuk itu anda harus pertimbangkan jenis baju yang terbaik yang akan di pakainya. Jangan terlalu mementingkan model atau mengikuti trend, prioritaskan faktor kenyamanan bagi si kecil.

Nah, agar anda tidak salah memilih baju untuk bayi baru lahir, kami akan memberikan beberapa tips terbaik yang bisa diterapkan.

  1. Pilihlah Bahan yang Lembut dan Menyerap Keringat.

Sejak baru lahir, biasanya bayi akan memproduksi keringat yang cukup banyak, maka dari itu bahan yang menyerap keringat lebih dianjurkan untuk dipakai. Dan idealnya, bahan yang dipakai tentu harus aman saat bersentuhan dengan kulit bayi.

Bahan seperti katun yang lembut merupakan pilihan yang tepat untuk kenyamanan bayi. Sedangkan bahan wol merupakan pilihan yang tepat saat cuaca dingin, karena wol memiliki tekstur yang tebal dan juga lembut. Perlu diketahui kulit bayi sangat sensitif, maka dari itu bahan yang kasar dan mempunyai banyak serat lebih baik dihindari.

  1. Pilihlah Ukuran Lebih Besar

Anda mungkin tak merasa bahwa pertumbuhan bayi sangat cepat, terlebih jika mendapat asupan yang tepat. Maka dari itu pilihlah baju yang memiliki ukuran lebih besar agar bisa dikenakan lebih lama.

New born merupakan ukuran yang sering disebut untuk bayi, biasanya ukuran bayi tidak dilihat dari umur tetapi dilihat dari berat badannya. Jika bayi anda memiliki ukuran lebih besar daripada bayi pada umumnya tidak ada salahnya untuk memilih ukuran lebih besar.

Perlu diingat, jika anda menyukai model baju bayi tertentu, namun ketika dipakai pada tubuh bayi ternyata sangat pas sebaiknya jangan digunakan, karena kulit bayi tidak mempunyai pelindung lapisan lemak seperti orang dewasa. Tentunya, baju yang pas-pasan atau sempit akan membuat bayi tidak merasa nyaman.

  1. Kenyamanan Adalah yang Paling Utama

Kenyamanan merupakan hal yang paling utama, dibandingan model atau trend yang lainnya. Maka dari itu anda harus kesampingkan trend atau harga dari baju tersebut, demi kenyamanan bayi.

Baju dengan bahan yang sintetis kurang tepat dipakai oleh bayi, karena baju tersebut tidak bisa menyerap keringat dengan sempurna, jadi pori-pori sang bayi tersumbat yang pada akhirnya akan mengakibatkan munculnya penyakit seperti biang keringat atau alergi.

Bahan alami merupakan pilihan yang tepat untuk bayi baru lahir,  karena mampu menyerap keringat dengan sempurna,  tak hanya itu bahan ini juga aman dan lembut dikulit bayi.

  1. Hindari Baju dengan Aksesoris Berlebihan

Hiasan pada baju bayi tentunya sangat menarik. Karena hiasan tersebut akan membuat bayi terlihat lebih menggemaskan. Namun, jika baju yang anda pilih memiliki hiasan berlebihan, maka anda harus berfikir dua kali untuk membelinya.

Sebaiknya hindari baju bayi yang memiliki aksesoris seperti berbahan logam, peniti, pin atau yang lainnya. Aksesoris tersebut akan mudah lepas,  dan akan membuat bayi merasa tak nyaman.

Perlu diingat, pilihlah baju untuk bayi yang baru lahir dengan baju yang sederhana saja, sedikitnya hiasan pada baju adalah pilihan yang tepat dan tentunya membuat bayi merasa nyaman.

Nah, itu dia ulasan mengenai jenis baju bayi laki-laki dan perempuan yang baru lahir dan beberapa tips terkait lainnya.  Semoga bermanfaat.